Home Blog Daftar Objek Wisata Danau Toba Patut Anda Ketahui

Daftar Objek Wisata Danau Toba Patut Anda Ketahui

2

Wisata Danau Toba selalu menawarkan tempat-tempat yang indah untuk selalu dikunjungi. Seiring waktu berjalan serta pembenahan yang dilakukan pihak pemerintah setempat bahkan juga masyarakat setempat menawarkan Wisata Danau Toba yang baru. untuk lebih lengkapnya berikut daftarnya untuk referensi bagi Anda yang hendak berkunjung ke wilayah Danau Toba.

Disini kita akan menyampaikan dua kategori objek wisatanya yang pertama di sekitar wilayah Pulau Samosir dan wilayah Pulau Sumatera Utara yang mengintari Danau Toba.

Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah pulau terbesar yang ada di Danau Toba diantara pulau-pulau lain. Memiliki luas sekitar 630 kilometer persegi sebagai wilayah Kabupaten Samosir dengan 9 Kecamatan (6 kecamatan di Pulau Samosir dan 3 diluar Pulau Samosir) Harian, Nainggolan, Onan Runggu, Palipi, Pangururan, Ronggur Nihuta, Sianjur Mulamula, Simanindo Sitiotio.

Objek wisata yang di tawarkan disini cukup banyak mulai dari wisata alam yang cukup menawan dan wisata adat – istiadat yang kental menjadikan Pulau Samosir merupakan salah satu objek wisata yang cukup di andalkan di Provinsi Sumatera Utara.

Pulau Tolping. Pulau Tolping terletak di kecamatan Simanindo. Pulau ini terletak di tengah danau. Sekitar tahun 2006 Pulau ini dulu bernama pulau Sangkal, baru di tahun 2007 dirubah menjadi Pulau Tolping. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenduduk. Pulau lebih dekat dengan penginapan VillaLyla di Tolping.

Pasir Putih Parbaba. Salah satu destinasi wisata yang dijual Kabupaten Samosir kepada wisatawan adalah Pantai Pasir Putih Parbaba di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan, Sumatera Utara. Ditempat ini lebih menawarkan pemandangan sisi Pusuk Buhit serta tempat bermain yang luas. Sangat cocok untuk tempat bersantai bersama anak-anak dan keluarga.

Batu Kursi Siallagan. Objek wisata baru Batu Kursi atau yang biasa disebut dengan Batu Parsidangan adalah salah satu tempat wisata yang ada di sekitar rumah tinggalku di Pulau Samosir, tepatnya di Desa Siallagan, Sumatera Utara. Luas Huta Siallagan sekira 2.400 m² dikelilingi tembok batu tersusun rapi setinggi 1,5 hingga 2 meter. Disebut dengan Batu Kursi Parsidangan karena konon tempat ini menjadi tempat untuk menyidang orang-orang yang melakukan tindak kejahatan. Dan mereka akan dihukum sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Bisa dikatakan hukum zaman dulu hampir sama dengan pengadilan zaman sekarang. Bedanya pada hukum tertulis dan tidak tertulis. Maka sangat dibutuhkan raja yang bijaksana.

Pangururan. Pangururan merupakan salah satu kecamatan yang ada di pulau samosir kabupaten samosir provinsi sumatera utara. Di panguran anda dapat menikmati suguhan pemandangan danau toba, bagi anda yang hoby berenang bersama keluarga disini tempatnya, disini anda tidak perlu takut penginapan dan ketersediaan makanan disana, karena di kota ini tersedia hotel dan makanan yang beragam untuk anda coba di tempat ini, salain itu disini juga anda akan menikmati pemandian air panas alam yang sangat terkenal, karena di samosir cuaca agak dingin, jadi sangat disarankan bagi anda yang berkunjung ke samosir anda harus berendam air panas di Pangururan.

Ambarita. Tempat Wisata Danau Toba yang kita bahas berikutnya adalah Ambarita disini cukuplah menarik karena menawarkan wisata adat istiadat yang masih kental, dimana bangunan yang ada menjadi saksi bisu bagaimana dahulu perkampungan ini berada. Karena dulu masyarakat batak masih sempat memakan manusia, sungguh menyeramkan memang, tetapi berkat datangnya para misionaris menjadikan masyarakat batak sudah mulai mengenal agama kristen sehingga budaya memakan manusia berangsur – angsur hilang.

Tuktuk. Tempat ini merupakan lokasi yang pertama sekali kita jumpai jika kita menyebarang dari parapat menuju pulau samosir, disini anda dapat menikmati pemandangan danua toba yang cukup memukau selain itu disana anda akan di tawarkan dengan adat istiadat yang kental, di tuktuk juga anda bisa membeli sovenir yang cukup beragam mulai dari hiasan dingding, ukiran patung, ulos hingga alat – alat musik tradisonal batak seperti taganing, hasapi dan seruling batak, disini anda pasti akan puas dengan beragamnya oleh – oleh yang bisa kita bawa dari sana.

Simanindo. Simanindo merupakan salah satu Desa di Kabupaten Samosir, yaitu berada di Pulau Samosir, di dusun huta bolon anda dapat meilihat rumah batak selain itu anda juga bisa melihat benda – benda peninggalan pendahulu orang batak, disini anda juga akan disuguhkan dengan tarian khas orang batak yaitu Tarian Tortor.

Tomok. Disini anda bisa melihat boneka sigale – gale yang sangat terkenal, yaitu boneka yang bisa menari – nari tetapi dengan bantuan di gerakkan oleh seseorang di belakangya, boneka ini terbuat dari kayu dan di beri pakaian batak, dimana cerita terdahulunya merupakan boneka yang di buat dikarenakan kerinduan orang tuanya kepada anaknya tidak pernah pulang. Selain itu juga anda akan bisa melihat museum Raja Sidabutar, disini anda bisa melihat makam yang sangat tua yang terbuat dari batu dan dipahat sedemikan rupa, dan merupakan makam yang sangat unik dan tidak bisa kita jumpai pada zaman sekarang ini.

Danau Sidihoni. Danau Sidihoni merupakan danau di atas danau yang cukup spektakuler dikarenakan juga danau yang terletak di kecamatan pangururan. Danau ini sering memberikan cerita tersendiri karena warnanya sering berubah – ubah sesuai dengan kejadian – kejadian yang sering terjadi di Negara kita.

Danau Pearung. Danau ini juga hampir mirip dengan danau Sidihoni. Namun yang membuat unik danau pearung ini memiliki pulau yang mana pulau ini selalu berpindah-pindah tempat. Yang menurut kepercayaan masyarakat disana adalah pertanda sesuatu telah terjadi di negara kita ini jika danau ini berpindah tempat. Terletak di Desa Parnakohan Lumban Suhi-suhi.

Danau Aek Natorang. Danau Aek Natorang merupakan salah satu danau yang berada di daerah Kecamatan Simanindo, Danau ini merupakan danau di atas danau, tempat ini merang kurang di kelola dengan baik, dikarenakan akses jalan yang masih tidak baik untuk dilalui kendaraan, padahal di danau ini terletak eksotis pemandangan yang cukup menakjukkan untuk dikunjungi pada Wisata Danau Toba.

Air Panas Simbolon Samosir. Wisata Samosir di Kecamatan Palipi berupa kawasan berbatu belerang dimana terdapat mata air panas yang masih alami.

Aek Liang. Wisata ini berada di Kecamatan Ronggurnihuta. Aek Liang adalah berupa sumber mata air yang terdapat di dalam sebuah goa. Sumber mata air tersebut menjadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bagi seluruh warga di kawasan Desa Aek Liang.

Batu Marhosa Samosir. Wisata Samosir di Sigarantung, Desa Parmonangan, Kecamatan Simanindo, berupa batu benafas atau batu yang dapat menghembuskan udara.

Bukit Beta Kite Internasional Samosir. Wisata Samosir di Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, yang telah dipakai sebagai lokasi perlombaan layang-layang Internasional

Gua Marlakkop Samosir. Wisata Samosir yang lokasinya berada di desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo. Dulunya tempat ini dijadikan tempat berteduh sambil menganyam tikar dengan suguhan pemandangan tepi danau toba.

Untuk lengkapnya berikut daftar lokasi objek wisata di pulau Samosir. Baca DISINI. Berikut ini adalah tempat-tempat yang wajib Anda kunjungi selama di Danau Toba dengan lokasi-lokasi yang mengintari Pulau terluar Samosir.

Istana-Presiden-Sukarno-Di-Tanah-Batak-06

Rumah Pengasingan Mantan Presiden RI Soekarno. Tempat ini merupakan tempat bersejarah karena disini merupakan rumah yang cukup indah dan mempunyai history sendiri karena rumah ini sempat di tempat oleh presiden pertama kita presiden soekarno, di tempat ini anda bisa melihat pemandangan danau toba dari sisi lain cukup indah karena danaunya langsung lepas luas dari atas bangunan ini.

Air Panas Pangururan. Sebenarnya tempat ini masih di wilayah dalam Pulau Samosir, Namun secara geografisnya lokasi pemandian air panas ini sudah berada di luar Pulau Samosir. Hanya melewati jembatan tano ponggol menuju air panas, tempat ini biasanya adalah tujuan terakhir setelah lelah berkeliling di Pulau Samosir. Tempat istirahat, berendam memanjakan tubuh dengan air panas dari pengunungan berelang.

Sipinsur. Sipinsur merupakan tempat wisata alami yang cukup indah di Kabupaten Humbang Hasundutan, dimana Wisata Sipincur sangat sering dikunjungi oleh wisatawan lokal, sebenarnya tempat wisata ini cukup menarik, namun sangat disayangkan karena lokasi wisata ini tidak terawat dengan baik, karena minimnya fasilitas seperti tempat makan dan minum, namun dari segi kondisi jalan sudah baik. Untuk menuju lokasi ini anda hanya membutuhkan waktu 60 menit saja dari bandara silangit kabupaten tapanuli utara. Lokasi Sipinsur sendiri menjadi lokasi wisata persinggahan saja, karena di uraikan hal tersebut di atas yaitu minimnya fasilitas makan dan minum yang tersedia disana, semoga saja Pemerintah setempat memberikan perhatian yang lebih baik lagi untuk mengelola tempat wisata dimaksud.

pusuk buhit

Pusuk Buhit. Cerita Adat Istiadat yang kental masih kita dapatkan di daerah Pusuk Buhit, dimana Pusuk buhit merupakan perbukitan yang berada di daerah Pulau Samosir, menurut sejarah masyarakat disana bahwa tempat inilah asal mula orang batak yang dinamakan Mula Jadinabolon. Di tempat ini kita akan disuguhkan pemandangan yang cukup indah, sehingga anda akan merasa kagum melihat panorama alam yang di tawarkan, untuk menuju kesana tersedia bus yang tersedia di kaki bukit yang menuju pusuk buhit, tetapi itupun angkutan umum tersebut tidak sampai di puncak bukit, masih di butuhkan berkisar 500 meter lagi menuju daerah puncak. Sehingga disarankan jika anda berada di pulau samosir anda harus singgah menuju tempat yang satu ini.

Tongging. Desa Tongging merupakan Desa yang berada di kecamatan Merek Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Tongging merupakan tempat wisata yang menarik karena menawarkan pemandangan danau toba yang cukup eksotis dari tempat ketinggian, anda bisa mengabadikan foto bersama dengan keluarga anda disana.

Pulau Sibandang. Objek Wisata Danau Toba yang Wajib dikunjungi adalah Pulau Sibandang berlokasi di wilayah Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Pulau ini merupakan pulau yang dikelilingi oleh danau toba. Untuk mengakses daerah ini anda bisa menggunakan akses kapal karena untuk menuju daerah ini tersedia perahu untuk mengantar anda menuju ke pulau sibandang, di pulau ini di huni oleh 1000 an kepala keluarga. Di sini banyak sekali buah mangga jika anda beruntung pada musimnya anda bisa makan buah mangga yang harganya cukup murah dan rasanya yang manis dan anda bisa memakannya sepuasnya.

Pantai Salbe. Pantai ini berada di Simalungun. Pantai Tapian Siporoporo, Salbe luasnya hampir sama dengan Pantai Pasir Putih di Parbaba Pulau Samosir. Sayang, jalan untuk menuju ke pantai Siporoporo masih rusak.

Pantai Lumban Silintong Balige. Pantai ini terletak di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara, perjalanan anda dapat gunakan menggunakan jalan darat dan udara, jika anda dari medan anda dapat menggunakan kendaraan umum untuk menuju kota balige dengan lama perjalanan kurang lebih 6 Jam perjalanan, tapi jika anda ingin cepat sampai anda bisa melalui bandara kuala namu medan bisa terbang menggunakan pesawat menuju siborong – borong kabupaten taput, hanya menempuh setengah jam saja. Wisata Danau Toba Di lumban silintong memang menarik anda bisa berjalan di sepanjang bibir pantai, disana anda bisa berenang bersama keluarga dan menikmati pemandangan indah dan tawaran wisata kuliner yang cukup menggoyang lidah seperti makanan khas ikan bakar khususnya ikan mas dan ikan mujair yang langsung dari danau toba dan makanan panggang lainnya.

Bakara. Bakara sendiri merupakan nama daerah yang ada di kabupaten Humbang Hasundutan yaitu kecamatan baktiraja, di tempat ini anda bisa berwisata alam dan melihat pemandangan indah danau toba, bagi anda yang hobby memancing anda bisa Wisata Mancing disana sambil menikmati pemandangan yang indah, kalau anda beruntung ikan mujahir dan ikan mas kiloan anda bisa bawa pulang dari tempat ini.

Parapat. Parapat merupakan tempat wisata yang cukup indah pemandangannya, karena disini anda akan disuguhkan dengan alam yang cukup memukau, karena sepanjang perjalanan menuju parapat anda bisa beristirahat disepinggir jalan untuk melihat pemandangan danau toba yang cukup luas, disana juga anda bisa bersantai dan beristirahat dengan minuman kopi dan makanan ringan lainnya. Selain itu juga sebelum sampai di kota parapat anda akan melihat banyaknya monyet yang berkeliaran untuk mencari makan, jadi tips buat anda yang mau menuju kesana sebaiknya membawa makanan ringan seperti kacang dan kue yang nantinya akan anda akan berikan buat monyet dispenjang jalan. Parapat sendiri berada di girsang sipangan bolon Kabupaten Simalungun, akses perjalanan yang di tempuh dari medan ke Kota Parapat hannya membutuhkan waktu 4 – 5 jam saja dari Kota Medan.

Aek Sipitu Dai. Aek Sipitu Dai berada di Kecamatan Sianjur mula – mula dan untuk menuju ke sini anda sebaiknya melewati pangururan samosir saja karena lokasinya cukup dekat dari sana, di sini anda akan melihat 7 (tujuh) pancoran air dari sumber air yang sama dengan rasa yang berbeda – beda, sungguh unik memang, selain itu juga airnya dipercaya mampu untuk mengobati berbagai penyakit.

Batu Sawan Samosir. Wisata Samosir di Kecamatan Sianjur Mula-Mula, berupa batu tempat air dengan rasa jeruk purut. Dan masih banyak lagi tempat-tempat di luar Pulau Samosir, seperti Air terjun Sipiso-piso, Pemandangan Harang Gaol, Aek Sipitu Dai di Bakkara, dan tempat lainnya. Tulisan ini telah dirangkap sedemikian rupa dari berbagai sumber.

Visit Huta 2011

2 COMMENTS

Leave a Reply