Ayo Dukung Pentas Keliling Opera Batak

2
pentas keliling Opera Batak
Opera Batak "Mencari Si Jonaha" di 7 Kota

Pusat Latihan Opera Batak (PLOt) dalam waktu dekat akan menggelar pentas keliling Opera Batak. Pementasan Opera Batak yang dilaksanakan di 7 kota di Sumatera dan Jawa, pada Maret-April 2012 mendatang. Pementasan Opera Batak keliling PLOt membawa cerita “Mencari Si Jonaha”. Cerita “Mencari Si Jonaha” yang dibawakan oleh PLOt ini adalah hasil riset 2 penggiat PLOt, Jhon Fawer Siahaan dan Adi Damanik, di Simalungun. Semantara sinopsis disusun Thompson HS sekaligus sebagai sutradara.

Dari beberapa diskusi internal PLOt memutuskan untuk membawa “Mencari Si Jonaha” ke kota-kota lain. Pementasan Opera Batak keliling ini akan bermula di Pematangsiantar.

Daftar Kota Acara Pentas Keliling Opera Batak

Pematangsintar : 24 Maret 2012
Bandar Lampung : 31 Maret – 1 April 2012
Jakarta :3 April 2012
Bandung : 5 April 2012
Yogyakarta : 6 April 2012
Solo : 7 April 2012
Surabaya : 9 April 2012

pentas keliling Opera Batak
Opera Batak "Mencari Si Jonaha" di 7 Kota

 

Tidak ketinggalan dua maestro Opera Batak, Alister Nainggolan dan Zulakaidah Harahap, ikut mendukung pentas keliling ini. Ditambah pemain lain yang didominasi generasi muda termasuk hasil Pelatihan Opera Batak tahun 2008 lalu. Tim pentas keliling ini juga tak hanya berasal dari etnis Batak (Toba, Karo, Simalungun, Pakpak), tapi juga Melayu, Gayo, dan Jawa.

Panitia acara Pementasan Keliling Opera Batak oleh PLOt juga merencanakan di samping mementaskan “Mencari Si Jonaha“, akan ada pemutaran film dokumenter Opera Batak karya Andi Hutagalung sebagai pembuka disetiap kota. Dimana Film dokumenter ini pernah meraih Juara 2 pada Festival Film Dokumenter Bali dan Juara 2 pada Festival Film Dokumenter UI tahun 2011 lalu.

Dukung Pementasan Keliling Opera Batak di 7 Kota

Kami sebagai generasi muda yang merindukan Opera Batak kembali pada posisi sebagai media hiburan dan pendidikan tempat bermuaranya cerita rakyat serta tari dan musik tradisional Batak memohon dukungan orangtua, tulang/nangtulang, amangboru/namboru, abang/kakak, dan saudara/i yang tidak bisa kami sebut namanya satu persatu. Kami menerima semua bentuk dukungan baik dana maupun publikasi Pentas Keliling ini.

Adapun nomor rekening kami:
100.02.03.004151-9
Bank Sumut Cabang Utama Medan
a/n Panitia Pentas Keliling Opera Batak

Atas perhatian dan bantuan semua pihak, kami sampaikan terima kasih. Semoga kami bisa tetap berkarya.

Mejuah-juah Kita Krina
Horas Tondi Madingin Pir Ma Tondi Matogu
Njuah-juah Mo Banta Karina
Horas Ma Hita Ganupan
Horas Jala Gabe Ma Di Hita Saluhutna

TIM PRODUKSI PENTAS KELILING 7 KOTA
Konsultan Produksi:
Thompson Hs, Lena Simanjuntak , Mateus Suwarsono, Manguji Nababan

Pimpinan Produksi: Andi Parulian Hutagalung / Sekretaris: Jhon Fawer Siahaan / Wakil Sekretaris: Triwani Purba / Bendahara: Rosmelina Sinaga

Koord. Pemain dan Latihan: Sidratul Muntaha / Koord. Koreografer dan Wardrobe : Tengku Haris Fadillah / Koord. Publikasi: SE Prihandy / Koord. Konsumsi: Widya Sitorus
dan Ruth Sirait / Koord. Kesehatan : Wika Siregar

Sutradara dan Penulis Teks: Thompson HS / Penata Artistik: Adie Damanik / Penata Musik : Zulkaidah Harahap dan Alister Nainggolan / Stage Manager: Ojax Manalu / Dokumentasi: Umatic Studio

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here