8 Judul Lagu Batak Sedih Terpopuler, #2 Bikin Anak Rantau Nangis

1

Kumpulan judul lagu batak sedih terpopuler– Lagu batak yang terdiri berbagai lagu batak yang dinyanyikan oleh penyanyi batak, juga tidak lupa kita ikutkan Korem Sihombing dengan judul lagunya yang sangat terkenal adalah ” Mardalan Au Marsada -Sada”

Berikut daftar 8 Judul Lagu Batak Sedih Terpopuler berdasarkan analisa pencarian paling banyak yang dirangkum oleh Gobatak.com:

1. Inang – Cipt. Charles Hutagalung
Lagu karya Charles Hutagalung ini berhasil menjadi Lagu Batak Paling Top di populerkan oleh Emilia Contesa. Lagu sedih ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak perempuan yang bernasib kurang bagus. Membuat ibunya menangis setiap hari melihat keadaan anak perempuan yang paling di sayanginya. Namun dia berusaha menghibur ibunya agar tetap tabah dengan keadaan.

2. Mardalan Au Marsada Sada Cipt. Tilhang Gultom
Vokal khas dari Korem Sihombing membuat lagu ini begitu menggugah hati siapapun mendengarkannya. Cengkok suara lagu ini membuat merinding. Lagu batak yang satu ini menceritakan keinginan seorang anak merantau jauh merindukan kampung halamannya serta orangtuanya terkhusus untuk ibu yang melahirkannya. Hanya mampu meratapi kerinduan yang sangat luar biasa tanpa daya untuk bertemu dengan orangtuanya. Hanya doa pengharapanlah yang dia panjatkan melalui lagu ini. Bikin merinding kan?!

3. Anak tading Maetek – Cipt. Tilang Gultom
Lagu karya Tilhang Gultom ini memang khas, hampir semua lagu-lagu yang dia ciptakan berdasarkan kisah nyata. Lagu Anak Tading Maetek ini menceritakan tentang tangis seorang anak yang ditinggal mati oleh ibu yang melahirkannya. Setelah beranjak dewasa baru dia sadar dia merindukan kedua orangtuanya begitu luar biasa. Beratapi hidupnya sembari menangisi kubur ibunya, begitu sedih yang mendalam dia alami setiap dia pulang kampung dari tanah rantaunya.

4. 10 Januari – Cipt. Johannes Hutasoit
Nah lagu ini juga sangat menyayat hati loh. Bagaimana perasaan seorang gadis yang hendak melangsungkan pesta pernikahan dengan kekasihnya. Mereka pulang ke kampung halaman untuk mewujudkan rencana pernikahan mereka. Namun apa yang terjadi, sehari sebelum acara pernikahan musibahpun menghadang pihak perempuan. Semua rencanapun batal tanpa alasan hanya karena kedua orangtua pihak laki-laki tidak setuju pernikahan ini berlanjut. Bayangkan semua undangan sudah disebar, bahkan semua persiapan sudah dipersiapkan. Namun semua terasa seperti mimpi, kekasihnyapun pergi tanpa kata dan membatalkan pernikahannya.

5. Dang Turpukta Hamoraon – Cipt. Dakka Hutagalung
Lagu ini pun begitu menyentuh sekali. Menceritakan penghiburan seorang ibu kepada anaknya untuk tetap semangat. Menyadarkan anaknya agar tidak kecewa kepada orangtua meskipun tidak dapat lagi melanjutkan sekolah. Bahwa dia adalah single parent yang memperjuangkan anaknya, ayahnya yang sudah meninggalkan mereka berdua tanpa harta apapun yang ditinggalkan. Mengertilah anakku dengan keadaan kita, kita tidak punya apa-apa berhentilah menuntut apa-apa, anakku. 🙁

6. Andung Anak Siampudan Cipt. Jonggi Manullang
Lagu ini pernah menjuarai festival lagu-lagu batak pada tahun 1979. Lagu karya Jonggi Manullang ini dipopulerkan pertama oleh Rita Butar-Butar. Lagu ini menceritakan tangis seorang anak perempuan yang paling bontot medengar berita kematian ibunya di kampung halaman. Dia masih baru saja pergi merantau mencari kerja, namun berita dukapun datang. Sekuatnyalah dia menangisi nasibnya dan berkeras untuk pulang melihat kubur ibu tercintanya. Diapun harus berutang untuk dapat pulang kampung, meskipun hanya kubur ibunya saja yang bisa dilihat. 🙂

7. Lagu Batak Borungku Si Derita
Lagu ini memiliki keunikan, ya lagu ini pasti sebagian besar warga Batak jarang sekali mendengarkan lagu ini. Pasalnya lagu ini hanya ada di negara eropa. Entah bagaimana cerita lagu ini sangat populer di dunia maya. Dipopulerkan oleh Marios Group dari Album “Folk & Pop Sounds of Sumatra Vol 1” menceritakan tentang kisah seorang ayah yang memiliki 2 istri yang telah meninggal. Kisahnya diceritakan kepada anaknya perempuan paling besar dari istri pertamanya, tentang adik perempuannya si Derita yang lahir dari ibu tirinya yang juga telah meninggal sebaik melahirkan si Derita. Coba cek Lirik Lagu Batak Borungku Si Derita.

8. Tipul-tipul nilili – Cipt. Jhon Peri Sitanggang
Lagu ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang ditinggal mati oleh istri tercintanya. Sedih yang mendalam dirasakannya dimana menjalankan bahtera rumah tangga tanpa istri disampingnya.

Itu dia deratan lagu batak yang penulis anggap itu paling menyedikah, dan mungkin masih banyak lagi lagu-lagu batak yang paling sedih selain dari lagu di atas. Semoga lagu ini punya makna dan arti buat setiap pendengarnya, jika pun ada kesamaan kisah dengan lagu ini semoga anda tidak larut dalam kesedihan, cukup dengarkan lagunya dan ambil hikmanya dari setiap kisah lagu ini.

Untuk mendengarkan lagu-lagu diatas silahkan menuju halaman radio batak online streaming kami di Gobatak Radio ya, selamat mendengarkan.

1 COMMENT

  1. adong andung-andung na leleng.
    attar hira songon on ma sapponggol lirik na.

    “……….,Alusi ma au among, ro maho tu parnipion hi
    Didia ho dapoton, na modom na so hadungoani
    Paboa ma among tu nipi hi, didia rura i na lao sijururan hi
    Nang tombak longo-longo jururan hu na ma i lao,…….”

    i boto hamu do aha judul ni lagu on??
    Mauliate,..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here