Home Blog 5 Penghasil Kopi Terbaik Dari Tanah Batak Sumatera Utara

5 Penghasil Kopi Terbaik Dari Tanah Batak Sumatera Utara

Kopi di Sumatera Utara khususnya dari Tanah Batak sudah sangat diakui kualitas menembus sampai pasar internasional. Jadi bangga yah, ternyata kopi asal Tanah Batak sangat diminati para pecinta kopi seluruh dunia. Berbagai jenis kopi ini bahkan menjadi identitas bagi beberapa daerah di Sumut.

Langsung saja, ini dia 5 Kopi Terbaik Dari Tanah Batak – Sumatera Utara

Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang (Sidikalang Coffee), kopi yang masih di proses tradisional membuat kopi Sidikalang memiliki rasa tersendiri dari kopi-kopi lainnya. Terbukti dari sekian banyak pecinta kopi Sidikalang mengakui dapat tahan begadang cocok buat yang kerja lembur. Karena begitu terkenalnya Sidikalang mendapat julukan Kota Kopi. Sidikalang dengan ketinggian 1.066 mdpl diatas permukaan laut dipadu dengan tanah yang subur menjadikan Sindikalang menjadi daerah yang sangat baik untuk menanam kopi.

Kopi Sipirok
Kota Sipirok yang memiliki beberapa objek wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah juga dikenal dengan citarasa Kopi Sipirok. Kandungan asamnya yang sangat sedikit membuat para pecinta kopi disukai banyak penggemarnya. Kopi luwak Sipirok pernah mendapat penghargaan internasional yakni “the world’s finest unwashed arabica“. Oleh karena itu hingga saat ini Kopi Sipirok semakin diburu para pecinta kopi.

5-penghasil-kopi-terbaik-dari-tanah-batak-sumatera-utara

Kopi Mandailing
Kopi Mandailing bagi penggemarnya adalah kopi terbaik yang memiliki aroma khas dan rasa. Bahkan penggemar kopi arabica luak banyak berasal dari luar Sumatera Utara. Selain kota penghasil salak, kota salak ini memiliki cara unik untuk menyajikan Kopi Mandailing yakni menggunakan batok kelapa. Masyarakat lokal menyebutnya kopi takar. Unik yah?!

Kopi Tarutung
Ibukota kabupaten Tapanuli Utara juga memiliki objek wisata yang sangat terkenal, ada Air panas Sipoholon, Air Soda dan juga Kota Wisata Rohani. Kopi Tarutung juga masuk dalam kategori kopi terbaik di dunia loh. Karena mulai proses panen buah, penjemuran hingga penggelolaannya sesuai standart Internasional. Kopi Luak dan Kopi Ateng dari Tarutung memiliki citarasa yang menggoda.

Kopi Lintong
Sejak kolonial Belanda memasuki Sumatera Utara, Lintong Ni Huta adalah nama sebuah daerah di Kabupaten Humbang Hasundutan tempat dimana kopi tersbut dapat tumbu subur. Karena berasal dari sana, maka Kopi Silintong menjadi identitas dari kopi arabica yang satu ini. Kualitas Kopi Lintong sudah sangat terkenal hingga ke mata dunia dan menjadi trade mark pasaran internasional dengan nama Sumatra Linthong Arabica Coffee, sehingga banyak digilai oleh para penikmat kopi. Pada umunya para petani menanam kopi berjenis Arabica.

Kini kopi terbaik dari Tanah Batak Sumatera Utara dapat kita nikmati di kedai-kedai kopi, cafe dan restaurant, dari pasar tradisional hingga kopi kemasan lainnya. Bahkan para pecinta kopi di luar Tanah Batak Sumatera ini tidak sulit lagi mendapatkan Kopi Nusantara Sumatera. Anda menyerup kopinya dengan memanfaatkan online shop yang menjual jenis-jenis kopi Sumatera Utara sesuai keinginan anda. Selamat menikmati ya.

Visit Huta 2011

facebook comments:


1 COMMENT

Leave a Reply